10 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Ditanam Di Dalam Rumah

Apakah kamu bosan dengan interior rumahmu yang itu-itu saja? Atau ingin memberi nuansa segar pada hidupmu? Satu cara yang bisa kamu coba adalah menanam tanaman hias di dalam . Selain membuat lingkunganmu lebih hijau dan segar, menanam tanaman hias di dalam rumah juga memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dan menenangkan pikiranmu dari kesibukan sehari-hari.

Poin-poin Penting Terkait 10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam

Menanam tanaman di dalam memang terlihat mudah, tapi sebenarnya ada beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan agar tanamanmu bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Memilih jenis tanaman yang cocok ditanam di dalam ruangan dan sesuai dengan kondisi rumahmu, seperti cahaya dan kelembapan.
  • Menyediakan pot atau wadah yang memiliki lubang untuk mengeluarkan air dan memberikan tanah yang cukup untuk tumbuh.
  • Reguler dalam mengecek kelembapan tanah dan memberikan air serta pupuk sesuai dengan jenis tanaman.
  • Menempatkan tanaman di tempat yang mendapat cahaya matahari yang cukup, dan ganti posisi jika cahaya matahari terlalu tinggi atau terlalu rendah.

10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah

Berikut adalah 10 jenis tanaman hias yang cocok ditanam di dalam rumah:

  1. Pohon Kentia (Howea forsteriana)
    Tanaman ini dapat bertahan hidup dalam kondisi minim sinar matahari dan cocok untuk dijadikan tanaman indoor untuk menghasilkan oksigen dalam ruangan.
  2. Tanaman Peperomia (Peperomia Rotundifolia)
    Peperomia membutuhkan sinar matahari yang cukup, air, dan kelembapan tanah. Namun tidak disarankan untuk diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  3. Spider Plant (Chlorophytum comosum)
    Tanaman ini cocok diletakkan di sudut ruangan atau di dekat jendela. Spider Plant juga memiliki kemampuan untuk udara di dalam ruangan dari polutan yang berbahaya.
  4. Tanaman Kaktus (Cactaceae)
    Kaktus dapat hidup dalam dengan sinar matahari yang cukup serta cocok untuk kamu yang tidak terlalu memperhatikan frekuensi penyiraman.
  5. Begonia (Begonia rex)
    Begonia memiliki keindahan corak hijau pada daun dan cocok diletakan dalam pencahayaan sedang dan suhu ruangan yang cukup stabil.
  6. Lidah Buaya (Aloe Vera)
    Selain memiliki manfaat terapeutik pada kulit, lidah buaya juga dapat mengurangi kadar polutan di dalam ruangan ketika diletakan dalam pot di dalam rumah.
  7. Dracaena (Dracaena marginata)
    Tanaman ini memiliki ciri khas pada batang kayunya yang memanjang dengan daun hijau yang lembut, salah satu varian dracaena yakni Marginata, Dracaena ini bisa diletakkan di dalam atau di luar rumah serta menyaring karsinogen seperti xilena, formaldehida, benzene dari udara.
  8. Monstera (Monstera Deliciosa)
    Monstera Deliciosa memiliki berbagai ukuran daun seperti berlubang-lubang yang besar dan suasana tropical, adapula yang menyebutnya tanaman delicius, Monstera bisa diletakkan di ruangan dengan sinar matahari yang cukup dengan kelembapan tanah yang minimal.
  9. Sansevieria (Sansevieria trifsciata)
    Sansevieria, biasanya di sebut punuk unta, merupakan tanaman dengan daun hijau yang menonjolkan suasana natural di dalam ruangan. Tanaman ini juga mampu memfilter gas seperti formaldehid, benzena dan karbon monoksida dari udara di dalam rumah.
  10. Zamia (Zamia furfuracea)
    Tanaman hias berasal dari Meksiko ini sangat cocok diletakkan dalam pot sebagai hiasan furniture rumah. Zamia memerlukan sinar matahari dan kelembapan tanah yang cukup. Tanaman ini juga disebut dapat membantu menghilangkan racun udara dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih baik.

Ringkasan: 10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah

Menanam tanaman hias di dalam rumah bukan hanya membuat lingkungan menjadi lebih segar, tapi juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kebahagiaanmu. Selain dapat udara dari polutan, menanam tanaman juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan konsentrasi. Setiap jenis tanaman membutuhkan perawatan yang berbeda, jadi pastikan kamu memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan di rumahmu dan selalu memberikan perawatan yang cukup agar tanamanmu dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Tanaman Hias – Pengalaman dan Penjelasan Mereka yang Sudah Menanam Tanaman hias di Dalam Rumah

Zamia

Tanaman Zamia sangat cocok untuk kamu yang ingin menanam tanaman di dalam rumah karena perawatannya yang mudah. Tanaman ini hanya membutuhkan air sedikit dan sinar matahari sedang. Selain itu, daunnya yang besar dan hijau memberikan efek segar dan natural pada lingkungan di dalam rumah.”

gambar zamia

Monstera

“Saya sangat suka menanam Monstera di dalam rumah saya. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang unik dan memberikan kesan tropis pada ruangan. Untuk merawatnya, saya letakkan di tempat yang cukup mendapat sinar matahari dan memberikan air yang cukup.”

gambar monstera

Cara Merawat Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Dalam Rumah

Setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Namun, ada beberapa tips umum yang dapat kamu lakukan agar tanamanmu tumbuh dengan baik, antara lain:

  • Menyiram tanaman secara rutin, namun jangan terlalu sering karena dapat membuat tanah terlalu basah.
  • Memastikan tanah selalu lembab namun tidak terlalu banyak air.
  • Menempatkan tanaman di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup, namun hindari sinar matahari langsung karena dapat membuat daun tanamanmu gosong.
  • Memberikan pupuk sesuai dengan jenis tanaman dan sesuai dengan periode tumbuhnya.
  • Menyemprotkan air pada daun tanaman untuk menjaga kelembapan dan membersihkan daun dari debu.

Mengapa Harus Menanam Tanaman Hias di dalam Rumah

Menanam tanaman hias di dalam rumah bukan hanya membuat lingkungan menjadi lebih segar, tapi juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kebahagiaanmu. Selain itu, menanam tanaman hias juga dapat memberikan nilai estetika pada tampilan rumahmu. Berikut adalah beberapa manfaat dari menanam tanaman hias di dalam rumah:

  • udara di dalam ruangan dari polutan berbahaya seperti formaldehida, karbon monoksida, dan benzene.
  • Menurunkan tingkat stres dan meningkatkan konsentrasi, sehingga memperbaiki kualitas hidupmu.
  • Memberikan nilai estetika pada ruangan di dalam rumahmu.
  • Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, yang berdampak baik untuk kesehatan manusia.

Pertanyaan dan Jawaban

1. Bagaimana cara merawat tanaman Kamboja di dalam rumah?

Tanaman Kamboja membutuhkan sinar matahari yang cukup, air yang teratur, dan pupuk yang disesuaikan dengan jenis kamboja. Kamboja juga suka ditempatkan di tempat yang agak lembap.

2. Apa yang menyebabkan daun tanaman berwarna kuning?

Daun tanaman yang berwarna kuning bisa disebabkan oleh perawatan yang kurang baik, terlalu sering disiram atau kurangnya sinar matahari. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengurangi frekuensi penyiraman dan memberikan tanamanmu sinar matahari yang cukup.

3. Apa tanaman terbaik yang cocok untuk dijadikan tanaman indoor di kamar tidur?

Beberapa pilihan tanaman yang cocok dijadikan sebagai tanaman indoor di dalam kamar tidur adalah Tanaman Snake Plants, Tanaman Rhipsalis, dan Tanaman Boston Fern.

4. Berapa kali perlu memberi pupuk pada tanaman hias?

Tergantung pada jenis tanaman yang kamu tanam. Ada beberapa tanaman yang membutuhkan pupuk setiap bulan, ada juga yang cukup setiap tiga bulan. Pastikan kamu memberikan pupuk sesuai dengan jenis dan periode tumbuhnya.

Produk Rekomendasi Menanam Tanaman Hias di Rumahmu dari Shopee.co.id

No. Produk Harga Link Pembelian
1 Pot Mini Dengan Dripping Rp15.000 https://shopee.co.id/Pot-Mini-Cute-Dengan-Dripping-i.294816164.6884411070
2 Semen Merek Fakolith Mplus Box 25Kg Rp127.000

Sayang untuk Dilewatkan!!:

* Ikuti juga Propertyday.id di Google News