7 Tips Menciptakan Kamar Mandi Kecil Agar Terlihat Lebih Luas Dan Nyaman

Apakah kamu memiliki kecil yang terasa sempit dan kurang nyaman? Jangan khawatir! Ada banyak cara untuk menciptakan kecil agar terlihat lebih luas dan nyaman. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan 7 tips penting untuk menciptakan kamar mandi kecil yang nyaman, , dan serba guna – tanpa harus merobohkan tembok dan memperbesar ukuran .

Poin-poin penting untuk menciptakan kamar mandi kecil agar terlihat lebih luas dan nyaman

Menciptakan kamar mandi kecil yang terlihat lebih luas dan nyaman sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Berikut adalah poin-poin penting yang harus kamu perhatikan:

  1. Pilih warna yang cerah dan cermin besar.
  2. Manfaatkan ruang dengan pintu geser rak dinding.
  3. Pilih shower bukan bathtub dan gunakan shower curtain shower glass.
  4. Pilih peralatan mandi yang praktis dan .
  5. Buat penyimpanan di bawah wastafel atau tatakan di dinding.
  6. Bermain dengan pola dan tekstur ubin atau lantai.
  7. Beri aksen dengan tanaman dan ornamen dekoratif.

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan lebih rinci tentang masing-masing tips di atas.

1. Pilih warna yang cerah dan cermin besar

Warna putih atau warna cerah lainnya dapat membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Kamu juga bisa memasang cermin besar di dinding yang dapat memantulkan cahaya dan memberi kesan ruangan yang lebih terbuka. Cermin besar yang ditempatkan di seberang jendela atau di samping lampu bisa menghasilkan refleksi yang lebih menarik.

Bukan hanya cermin besar yang perlu dipertimbangkan, tapi juga warna ubin atau lantai yang kamu pilih. Sebaiknya hindari ubin atau lantai yang terlalu ramai dan pilihlah pola yang sederhana dan minimalis.

2. Manfaatkan ruang dengan pintu geser atau rak dinding

Jika tempat kamu terbatas, pilihlah pintu geser daripada pintu yang dibuka ke dalam atau ke luar. Selain itu, tambahkan rak dinding untuk menyimpan perlengkapan mandi agar tidak memakan ruang lebih banyak lagi. Kamu bisa memilih rak dengan beberapa laci kecil atau rak terbuka sehingga perlengkapan mandi bisa mudah dijangkau. Rak dinding juga bisa menjadi aksen dekoratif yang menarik.

3. Pilih shower bukan bathtub dan gunakan shower curtain atau shower glass

Memilih shower daripada bathtub bisa menghemat ruang. Kamu bisa pilih shower dengan desain minimalis agar mudah dipasang dan tidak memakan banyak ruang. Jika kamu ingin memilih shower curtain, pilihlah yang transparan agar cahaya tetap masuk ke kamar mandi. Namun jika kamu memilih shower dengan shower glass, sebaiknya pilih yang tidak memiliki bingkai atau frameless agar terlihat lebih ringan dan tidak memakan banyak ruang.

4. Pilih peralatan mandi yang praktis dan

Pilih peralatan mandi yang praktis, multifungsi, dan ukurannya kecil. Misalnya saja handuk lap, sabun antiseptik, sabun cuci tangan, sikat gigi, dan pasta gigi. Peralatan mandi seperti itu bisa disimpan dalam kabinet kecil atau wadah untuk menghemat ruang. Jangan memilih peralatan mandi yang besar dan hanya dipakai sekali-sekali.

5. Buat penyimpanan di bawah wastafel atau tatakan di dinding

Buat penyimpanan di bawah wastafel atau tatakan di dinding bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengoptimalkan ruang. Kamu bisa memilih wastafel yang sudah dilengkapi dengan cabinet atau bisa menambahkan rak yang dipasang di dalam kabinet. Tatakan di dinding juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan peralatan mandi atau perlengkapan lainnya.

6. Bermain dengan pola dan tekstur ubin atau

Memilih pola dan tekstur yang tepat untuk ubin atau lantai bisa memberikan kesan yang berbeda pada kamar mandi. Kamu bisa memilih ubin dengan pola geometris atau tanpa pola sama sekali, sehingga kamar mandi terlihat lebih minimalis. Selain itu, memilih lantai dengan tekstur yang halus bisa memberikan kesan yang lebih kasual dan santai.

7. Beri aksen dengan tanaman dan ornamen dekoratif

Berikan sedikit sentuhan hijau di kamar mandi dengan menambahkan tanaman. Tanaman kecil seperti succulent atau tanaman hias kecil lainnya bisa ditempatkan di pojok ruangan atau di atas rak. Jangan lupa tambahkan aksen dekoratif lainnya seperti lampu hias atau poster untuk memberikan sentuhan warna yang cerah.

Pertanyaan dan Jawaban

1. Apakah shower lebih baik daripada bathtub?

Ya, jika kamu memiliki kamar mandi yang kecil, shower bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Shower menghemat ruang dan lebih mudah untuk dipasang. Namun jika kamu suka berendam di dalam bak mandi, bathtub juga bisa menjadi pilihan yang baik.

2. Apakah warna cerah lebih baik dibandingkan warna gelap?

Ya, warna cerah seperti putih, krem, atau abu-abu muda dapat membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Warna gelap pada dinding atau lantai kamar mandi bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit.

3. Bisakah saya menambahkan aksen dekoratif dalam kamar mandi kecil?

Tentu saja! Kamu bisa menambahkan aksen dekoratif seperti tanaman, ornamen, atau lukisan pada dinding untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada kamar mandi. Pastikan kamu memilih yang berukuran kecil dan tidak memakan terlalu banyak ruang.

4. Apakah saya harus menggunakan cermin besar di kamar mandi saya?

Memasang cermin besar di kamar mandi bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Namun, jika kamu tidak suka cermin besar, kamu bisa memilih cermin yang lebih kecil atau menempatkan beberapa cermin dengan ukuran yang sama di dinding.

Produk Rekomendasi untuk Kamar Mandi Kecil

Nama Produk Link
Rak Dinding Multifungsi https://shopee.co.id/Rak-Dinding-Multifungsi-i.9941302.6440322776
Shower Minimalis https://shopee.co.id/Shower-Minimalis-i.211816105.5182768445
Tanaman Hias Kecil https://shopee.co.id/Tanaman-Hias-Kecil-i.70265975.11882796670

Kesimpulan

Menciptakan kamar mandi kecil yang terlihat lebih luas dan nyaman bisa dilakukan dengan mengikuti 7 tips penting di atas. Kamu bisa memilih warna cerah, memanfaatkan ruang dengan pintu geser atau rak dinding, memilih shower bukan bathtub, memilih peralatan mandi yang praktis dan fungsional, membuat penyimpanan di bawah wastafel atau tatakan di dinding, bermain dengan pola dan tekstur ubin atau lantai, dan memberikan aksen dengan tanaman dan ornamen dekoratif.

Jangan khawatir jika kamar mandi kamu terlihat cukup sempit. Sama seperti ruangan lainnya, kamar mandi kecil juga bisa diubah menjadi ruangan yang lebih fungsional dan serba guna – tanpa harus merobohkan tembok dan memperbesar ukuran kamar mandi.

* Ikuti juga Propertyday.id di Google News