...

Apa itu KPR Syariah? Keuntungan dan Cara Mengajukannya

Punya rumah sendiri itu impian semua orang, kan? Tapi, kadang bingung mau pilih KPR biasa atau ? Atau mungkin kamu masih bingung apa sih itu dan gimana caranya ngurusinnya? Santuy, di artikel ini aku bakal ngasih tau kamu secara lengkap dan gampang tentang , mulai dari apa itu, gimana prinsipnya, apa aja keuntungannya, apa aja syaratnya, sampe gimana ngitung cicilannya. Baca sampai selesai, ya! Biar nggak nyesel! 🙌

Pengertian KPR Syariah

Apa itu KPR Syariah? Keuntungan dan Cara Mengajukannya

KPR syariah itu singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah Syariah, yang artinya cara beli rumah yang sesuai sama aturan Islam, tanpa pake bunga atau riba, dan hal-hal haram lainnya. Jadi, bank nggak ngambil untung seenaknya, tapi sesuai sama hukum Islam. Misalnya lewat bagi hasil (Mudharabah) atau punya rumah bareng-bareng (Musharakah). Tentunya juga ngikutin prinsip-prinsip adil, kerjasama, dan jujur dalam bertransaksi, serta nggak ngelanggar nilai-nilai syariah.

Prinsip KPR Syariah

Sesuai namanya, KPR ini punya prinsip yang cocok sama hukum Islam, yaitu:

  • Tanpa Bunga (Riba) Salah satu prinsip dasar dalam KPR yang berbasis hukum Islam adalah nggak ada riba atau bunga, karena itu haram. Makanya, dalam KPR syariah, nggak ada bunga yang ditambahin ke pinjaman kamu.
  • Bagi Hasil (Mudharabah) Dalam KPR ini, bank syariah dapet untung dari selisih harga rumah yang udah kamu beli. Nah, selisih itu namanya margin, yang jadi bagian dari untung bank. Berapa marginnya, itu disepakatin sama-sama antara kamu dan bank syariah. Setelah marginnya jelas, kamu harus bayar cicilan tiap bulan, yang isinya pokok pinjaman sama bagian dari untung bank.
  • Kepemilikan Bersama (Musharakah) Dalam prinsip Musharakah, kamu dan bank ikut-ikutan beli rumah. Jadi, bank juga punya hak atas rumah itu. Kamu bisa ngurangin hak bank dengan bayar pokok pinjaman sama sebagian dari untung bank.

Keuntungan KPR Syariah

Ini dia nih yang ditunggu-tunggu, keuntungan yang bisa kamu dapetin:

  • Cicilan yang Nggak Berubah-ubah Bedanya sama KPR biasa yang bisa naik-turun gara-gara Bank Indonesia atau kebijakan bank, KPR syariah ngasih kamu cicilan yang tetep aja sepanjang masa pinjaman. Jadi, kamu nggak perlu bingung berapa yang harus kamu bayar tiap bulan, dan bisa atur keuangan kamu lebih gampang.
  • Transparan dan Adil Bank Syariah nggak main-main, semua biaya dan risiko yang ada di KPR syariah dijelasin rinci sebelum kamu ngajuin pinjaman. Jadi, kalo ada yang nggak jelas atau ragu, kamu bisa tanya ke bank syariah atau konsultan keuangan.
  • Aman dan Nyaman KPR syariah juga bikin kamu tenang dan nyaman, karena nggak ada denda atau penalti kalo telat bayar. Selain itu, kamu juga nggak perlu khawatir ada klausul yang aneh-aneh atau nggak sesuai syariah.

Syarat KPR Syariah

Kalo mau ngajuin KPR syariah, kamu harus ngelengkapi beberapa syarat ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) umur minimal 21 tahun atau udah nikah
  • Punya penghasilan tetep minimal Rp 3 juta per bulan
  • Punya NPWP dan KTP yang masih berlaku
  • Punya rekening tabungan di bank syariah yang bersangkutan
  • Punya surat keterangan kerja atau usaha
  • Punya surat keterangan penghasilan atau slip gaji
  • Punya surat pernyataan nggak lagi ada masalah hukum
  • Punya surat pernyataan mau ngikutin prinsip syariah
  • Punya surat pernyataan nggak punya kredit macet di bank mana pun
  • Punya surat pernyataan nggak punya KPR di bank lain
  • Punya surat pernyataan nggak punya tunggakan pajak
  • Punya surat pernyataan nggak punya utang yang nggak sanggup bayar
  • Punya surat pernyataan nggak punya penyakit menular atau kronis
  • Punya surat pernyataan nggak punya kecanduan alkohol, narkoba, atau judi
  • Punya surat pernyataan nggak punya riwayat kriminal
  • Punya surat pernyataan nggak punya sengketa tanah atau properti
  • Punya surat pernyataan nggak punya masalah keluarga atau waris
  • Punya surat pernyataan nggak punya masalah agama atau keyakinan
  • Punya surat pernyataan nggak punya masalah moral atau etika
  • Punya surat pernyataan nggak punya masalah sosial atau politik

Simulasi

Biar nggak pusing ngitung simulasinya kamu bisa pake kalkulator KPR yang ada di internet. Kamu cuma perlu masukin data-data ini:

  • Harga rumah yang mau kamu beli
  • Uang muka atau DP yang bisa kamu bayar
  • Tenor atau lama pinjaman
  • Margin atau untung bank yang disepakatin

Setelah itu, kamu bakal dapet info tentang:

  • Besar pokok pinjaman
  • Besar cicilan tiap bulan
  • Besar total bayaran
  • Besar total untung bank

Ini nih contoh simulasi pake kalkulator KPR syariah dari [Bank Muamalat]:

  • Harga rumah: Rp 500 juta
  • Uang muka: 20% atau Rp 100 juta
  • Tenor: 15 tahun atau 180 bulan
  • Margin: 10% per tahun

Dari data itu, kita bisa dapet hasil kayak gini:

  • Pokok pinjaman: Rp 400 juta
  • Cicilan tiap bulan: Rp 5.555.556
  • Total bayaran: Rp 1 miliar
  • Total untung bank: Rp 600 juta

Tabel Perbandingan KPR Syariah dan

Biar makin jelas, ini tabel perbandingan antara KPR syariah dan :

KriteriaKPR Syariah
PrinsipSyariah IslamKonvensional
BungaNggak adaAda
Untung BankMarginBunga
AkadJual beli, bagi hasil, atau kepemilikan bersamaPinjaman
CicilanTetapBerubah-ubah
DendaNggak adaAda
RisikoDibagi bersamaDitanggung nasabah
TransparansiTinggiRendah
KeadilanTinggiRendah

Tips Memilih KPR Syariah

Setelah mengetahui apa itu KPR syariah dan bagaimana cara mengajukannya, kamu mungkin tertarik untuk mencoba produk ini. Namun, sebelum kamu memutuskan, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memilih KPR sesuai syariah yang tepat untuk kamu, yaitu:

Bandingkan Beberapa Bank Syariah

Tidak semua bank menawarkan KPR syariah dengan syarat dan ketentuan yang sama. Oleh karena itu, kamu perlu membandingkan beberapa bank syariah yang menyediakan produk ini, baik dari segi margin, tenor, biaya administrasi, maupun fasilitas lainnya. Kamu bisa mencari informasi dari situs web resmi bank syariah, brosur, atau konsultan keuangan.

Pilih Bank Syariah yang Terpercaya

Selain membandingkan produk KPR, kamu juga perlu memilih bank syariah yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Hal ini penting untuk menghindari penipuan, kesalahan, atau masalah hukum di kemudian hari. Kamu bisa mengecek legalitas, izin usaha, sertifikat syariah, dan laporan keuangan bank syariah yang kamu pilih.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Tips selanjutnya adalah menyesuaikan KPR dengan kemampuan finansial kamu. Jangan tergiur dengan tawaran margin rendah atau tenor panjang jika itu berarti kamu harus mengorbankan kebutuhan lainnya. Hitung dengan cermat berapa besar uang muka, angsuran, dan total pembayaran yang harus kamu bayarkan. Pastikan juga kamu memiliki dana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Sebelum menandatangani perjanjian, kamu harus membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku dengan teliti. Jika ada hal yang kurang jelas atau meragukan, kamu bisa bertanya kepada pihak bank syariah atau konsultan hukum. Jangan sampai kamu menyetujui hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan atau kepentingan kamu.

Lakukan Survei Lokasi dan Kondisi Rumah

Tips terakhir adalah melakukan survei lokasi dan kondisi rumah yang ingin kamu beli dengan KPR yang sesuai syariah. Pastikan rumah tersebut memiliki sertifikat hak milik yang sah, bebas dari sengketa, dan sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan. Selain itu, periksa juga lokasi rumah, apakah mudah dijangkau, aman, nyaman, dan dekat dengan fasilitas umum.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang apa itu KPR syariah, prinsip, keuntungan, syarat, dan simulasi cicilannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memiliki rumah dengan cara yang sesuai dengan syariah Islam. Jika kamu tertarik untuk mengajukan KPR syariah, kamu bisa menghubungi bank syariah terdekat atau mengunjungi situs web resminya. Selamat mencoba! 😊

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Jika kamu suka, jangan lupa share ke teman-teman kamu yang juga pengen punya rumah syariah. Kalo ada saran atau komentar, silakan tulis di bawah ini. Aku tunggu ya! 😘

* Ikuti juga Propertyday.id di Google News

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.